Thursday, May 21, 2015

ANTENA PENGARAH (MINI BEAM 4 EL) UNTUK 83 Mhz

Mini beam 4 elemen ini di pekerjakan untuk frekwensi 83 Mhz. Untuk ukuran fisik tiap elemen hitungan nya memakai calculator yagi online disini. untuk matching ke 50 ohm menggunakan system gamma. gamma match ini di fungsikan sebagai step up impedansi. seperti kita ketahui sebuah driven elemen impedansi nya akan turun jika di tambahkan elemen parasitik. driven elemen saya buat dari dipole setengah lambda. ideal nya driven elemen di feed dengan system T match, ini di karnakan dipole elemen merupakan antena balance.




Untuk gamma match nya, perhatikan gambar di atas. Pipa A ukuran 3/8 panjang 15,5 cm. Pipa B panjang total 35 cm masuk kedalam pipa A sebanyak 2.5 cm. ujung pipa B yang masuk pipa A di lapis dengan thermofit (heatshrink).. pipa B yang masuk ke pipa A berfunngsi sebagai capasitor. jarak antara elemen gamma dengan driven sebesar 7 cm.

hasil nya cukup bagus swr maksimal 1:1,5 dengan bandwidth sebesar 3 Mhz. center frekwensi saya stel di 83,8 mc. swr 1:1 band width nya 500 Khz (83.5-84Mhz).




pola pancaran antena 4 elemen menurut software mmana gal. pada ketinggian 10 meter






5 comments: