Friday, March 27, 2015

RECEIVER AIRBAND DENGAN TUNER FM BESI bag 1

Project kali ini receiver airband dengan tuner fm besi dan if dual conversi 10.7 Mc  dan 455 Kc menggunakan ic if TA 2003 dan penguat audio LM386.

Tuner fm besi di design unntuk receiver fm dengan range frekwensi 87.6-108 Mc, if out sebesar 10.7 Mc dan frek oscilator  selisih 10.7 mc lbh besar dari frek yang di tala yaitu 98.3- 118.7 Mc. modifikasi harus dilakukan supaya bisa bekerja di range 118-135 Mc. frek oscilator di buat lbh besar 10.7 Mc dari frekwensi kerja.yaitu sebesar 128.7-145.7 Mc. dengan cara ini maka frekwensi image akan terreduksi dengan sangat besar yaitu lebih dari -60 db. pernah penulis mencoba membuat frekwensi oscilator di buat selisih 10.7 lbh kecil dari frekwensi kerja yaitu  107.3-124.3 Mc hasil nya image frekwensi terreduksi hanya -20 db saja.

berikut adalah wiring diagram dari block fm tuner


schematic diagram tuner fm block type lama


schematic diagram tuner fm merk Ast*lo komponen pake smd

tuner block fm yang harus di modifikasi adalah bagian oscilator dan bandpass filter pada front end amplifier. pada gambar diatas yang di lingkari adalah bagian yang harus di modifikasi. pada kesempatan ini penulis menggunakan tuner block fm merk ast*lo. komponen tuner ini sdh menggunakan smd.  nilai komponen yang di modifikasi tercantum pada schematic diagram di atas. silahkan ganti nilai komponen tersebut. untuk lilitan silahkan gulung ulang  seperti pada gambar di bawah ini. 








bersambung


3 comments:

  1. Selamat siang Mas dadang, permisi bertanya,, apakah rangkaian yg mas dadang buat pernah berhasil? terima kasih mas dadang. aan_arman@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Bagaimana bang Dadang jika dimodif kokernya sama feritnya tambah panjang 2cm agar atas kena bawahnya juga kena...

    ReplyDelete
  3. Otomatis lilitanya ditambah tpi diameter kawat emailnya masih tetap..mas
    johanwahyoedhi@gmail.com

    ReplyDelete